Minggu, 18 Desember 2011

Ketika Maaf Harus Diucapkan..


Maaf, satu kata yang merupakan sebuah mantra ajaib dalam kehidupan kita.
Tahukah anda kapan maaf harus diucapkan?
Aku minta maaf, itulah  kata maaf yang sering diucapkan para Blogger’s Generation saat anda melakukan sebuah kesalahan.
Tetapi sadarkah anda jika melakukan kesalahan itu?
Sadarkah anda saat itu anda harus mengucapkan kata maaf?
Pasti terkadang kita tidak tahu saat itu dan saat seperti inilah sebuak mantra yang berbunyi sihir harus diucapkan.
Maaf ini merupakan suatu hal yang harus terpatri dalam kehidupan kita sebagai makhluk social.
Orang yang tak pernah mau meminta maaf adalah orang yang paling kasihan dalam hidupnya. Mereka tak pernah mengucapkan sebuah mantra yang sangat indah. Mereka merasa dirinyalah yang harus diminta maafi..
Inilah sebuah kesalahan besar dalam diri kita yaitu egois. Kita selalu merasa diri kitalah yang selalu benar dan terkadang kita enggang mengucapkan sebuah mantra yang nantinya kita akan menyesal jika tak mengucapkannnya. Penyesalan itu tak pernah didepantetapi dibelakang, jadi minta maaflah selagi kamu masih bisa.
Maaf ini bukanlah mantra sembarang mantra. Artinya maaf ini dilakukan tidak begitu saja, bukan Cuma diucapkan yang berfungsi sebagai simbolisasi saja. Mantra maaf ini akan terwujud jika ini dilandaskan berdasarkan hati kita yang terdalam.
Apalah arti tungku
Jika itu tak berapi
Apalah arti kata maafku
Jika dendam di hati
Aku minta maaf.. 3 kata yang harus diucapkan kata ini tak sebanding dengan berapa jumlah kata kotor yang selalu kita ucapkan.
Satu hal lagi yang saya lupakan. Terkadang orang yang meminta maaf sulit mengucapkan kata ini karena takut minta maafnya tak diterima. Untuk yang satu ini pesan saya hanyalah jangan pernah takut ucapkan maaf hanya karena takut tidak dimaafkan, ini hanya sebuah konsekuensi dari sebuah kehidupan yang masih panjang.

0 komentar:

Posting Komentar